Peringatan Nuzulul Quran dan Penutupan Pesantren Love Ramadhan 1445 H / 2024 M

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan penuh hikmah dan bulan penuh pengampunan. Oleh karena itu, momentum tersebut harus dimanfaatkan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, salah satunya melalui Pesantren Love  Ramadhan yang dilaksanakan oleh UPT SMP Negeri 2 Gresik selama 7 hari dari tanggal 28 Maret sampai 4 April 2024. Kegiatan tersebut diisi sholat dhuha berjamaah, kultum ramdhan, tadarus Al Quran dan kegiatan materi ramdhan serta sholat dhuhur secara berjamaah.

“Adapun tujuan kita mengadakan pesantren selama satu minggu ini agar siswa UPT SMP N 2 Gresik bisa menjalankan ibadah puasa dan menjalankan kegiatan Ramadhan didalamnya dengan baik dan benar yang sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW,” Ujar Bapak Mohammad Salim Selaku Kepala UPT SMP Negeri 2 Gresik.


Pada pesantren ramadhan ini setiap siswa telah dibekali buku agenda ramadhan untuk mencatat semua kegiatan ramdhan baik di rumah maupun disekolah. “Buku agenda Ramadhan ini harus diserahkan kepada wali kelas setelah bulan puasa untuk dinilai,” ujarnya.

Acara Nuzulul Quran dan Penutupan Pesantren Ramadhan berlangsung khidmat yang daksanakan pada tanggal 5 April 2024 dan diikuti oleh Seluruh Warga UPT SMP Negeri 2 Gresik dan dihadiri oleh komite dan alumni UPT SMP N 2 Gresik.  Acara tersebut diisi dengan doa khotmil quran, sholawat nabi, dan santunan anak yatim.

Penulis : Yunita Rahmah, S.Pd

Foto : Dienda dan Rara