KUNJUNGAN BELAJAR DALAM RANGKA PENGENALAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN GRESIK

Pada hari Rabu, 24 Januari 2024 UPT SMP Negeri 2 Gresik mendapat undangan untuk berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Gresik. Agenda Kunjungan tersebut telah diadakan setiap satu tahun sekali oleh perpustakaan daerah dalam rangka pengenalan dan pengetahuan baru bagi peserta didik. Ibu Inuk atau biasa dipanggil bunda Inuk dan Kak Pipit selaku pustakawan yang turut memberikan arahan dan bimbingan bagi peserta didik. Kunjungan tersebut dihadiri oleh perwakilan siswa dari tiap kelas 7 dan berjumlah 30 anak didampingi oleh Bu Dinda selaku pustakawan sekolah UPT SMP Negeri 2 Gresik.

Kunjungan tersebut berlangsung pada pukul 09.00 WIB di lantai 3 pada ruang koleksi dan ruang baca bagi pengunjung perpustakaan. “Ini adalah koleksi buku sejarah gresik yang di display pada Gresik Corner” Ujar beliau.

Ibu Inuk juga menjelaskan mengenai koleksi ramah difabel yaitu buku cetak yang bertuliskan huruf Braile, dan hal itu menjadi daya tarik peserta didik yang tampak ingin melihat buku tersebut. Beliau juga menjelaskan mengenai cara meminjam buku dan jumlah buku serta hari untuk pinjaman buku.

Setelah materi tersebut diberikan, Kak Pipit memberikan ice breaking dan hiburan agar peserta didik kelas 7 semakin nyaman di perpustakaan. Kak Pipit memberikan tebak tebakan dan games tembak dor, lalu diakhiri dengan memberikan souvenir bagi peserta didik yang bisa menjawab kuis. Bu Inuk memberikan waktu untuk peserta didik membaca buku di ruang baca agar lebih mengenal Perpustakaan Daerah Kabupaten Gresik.

Kegiatan tersebut memberikan kesan yang baik bagi peserta didik bahwa ruang baca di perpustakaan daerah sangat nyaman dan ada beberapa siswa yang berminat untuk menjadi anggota baru perpustakaan.

Kontributor: Diendha Ayu Putri R, A.Md