IKUTKAN 9 PENGGALANG DALAM VERIFIKASI PRAMUKA GARUDA

UPT SMP NEGERI 2 GRESIK ANTUSIAS

UPT SMP NEGERI 2 GRESIK. Sebanyak 9 Pramuka Penggalang yang terdiri atas 2 Penggalang Putra dan 7 Penggalang Putri dari Gugus Depan 09019/09020 UPT SMP Negeri 2 Gresik diikutkan dalam verifikasi berkas Pramuka Garuda Tahap I yang di selenggarakan oleh Kwartir Cabang Gresik selama dua hari, Senin (5/2/2024) dan Rabu (7/2/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus kwaran, kwarcab, dan 9 peserta calon pramuka tapakan garuda tingkat penggalang pangkalan UPT SMP Negeri 2 Gresik. Para peserta sangat bersemangat dan antusias terhadap pengecekan paper yang sudah mereka susun.

Hari pertama verifikasi paper tapakan garuda tersebut diperiksa oleh andalan kwaran Gresik, Kak Hj Mudiawati. Pada saat itu, berkas yang sudah terkumpul diperiksa satu per satu. Jika ada yang kurang maka akan diberi tahu pembetulannya. Pesertapun harus merevisi kembali berkas yang telah diperiksa tersebut. “Pesan untuk adik adik, agar melengkapi berkas yang belum lengkap namun, jangan sampai kemampuan dinomor duakan, harus ada pertanggungjawaban dari apa yang kalian dapatkan selama menuju proses persyaratan tapakan garuda, bukan hanya administrasi dan penampilan saja yang bagus” ujar perempuan berkrudung kuning itu.

Sedangkan hari kedua verifikasi kecakapan dalam kepramukaan dari kwarcab Gresik yaitu bersama Kak Yusuf Wibisono, S.Pd., M.Pd. Kak Yusuf sangat senang, bangga, dan terharu karena disambut dengan baik dan semangat oleh para peserta, terlebih tempat pertemuan verifikasi begitu dingin, nyaman, dan menarik. Ruang verifikasi ditempatkan di Perpustakaan Pusaka Ilmu UPT SMP Negeri 2 Gresik.

Beliau menyampaikan pesan untuk para peserta bahwa semua peserta harus antusias, gigih, dan pantang menyerah dalam mengikuti tapakan garuda, bahkan untuk orang tua pun harus mengizinkan dan berperan aktif.

Terlihat beberapa kali Kak Yusuf memberikan pertanyaan kepada peserta, seperti apa visi misi mengikuti Pramuka Garuda, tujuan setelah menjadi Pramuka Garuda untuk masa depan, serta prestasi apa yang dimiliki oleh peserta. Kemampuan berbahasa calon peserta Pramuka Garudapun ikut dipertanyakan. Ada yang menjawab dengan Bahasa Belanda, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, Bahasa Jepang, Bahasa Gresik, Bahasa Betawi, Bahasa Surabaya, dan Bahasa Melayu.

Sementara itu Kepala UPT SMP Negeri 2 Gresik sekaligus Kamabigus, Muhammad Salim, S.Ag., M.A. mengatakan, dengan adanya Pramuka Garuda Penggalang diharapkan adik-adik Penggalang yang lolos dapat mengimplementasikan dan bermanfaat untuk dirinya sendiri, keluarga, teman-teman, lingkungan serta bangsa dan negara. Menurutnya, Pramuka Garuda sebagai Pramuka tertinggi di tingkat Penggalang akan menumbuhkan rasa bangga bagi seorang pramuka yang bisa lolos sebagai Pramuka Garuda karena tidak semua Adik-adik di Penggalang dapat melewati ujian Pramuka Garuda.

“Kak saya selalu melibatkan anak pramuka dalam segala kegiatan di sekolah, seperti menyambut tamu” kata Kak Salim. Perwakilan tim kwarcab itupun sangat setuju dengan perkataan Kak Salim bahwa fungsi Pramuka Garuda itu saling membantu dalam segala hal.

DAFTAR NAMA CALON

PRAMUKA PENGGALANG GARUDA PUTRA 2024

NoNama PesertaKelas
1Hafiz Shaquille Nasrullah9G
2Muhammad Rafly Ramadhan9G

DAFTAR NAMA CALON

PRAMUKA PENGGALANG GARUDA PUTRI 2024

NoNama PesertaKelas
1Kartika Citara Kirana8A
2Sagita Angelina S8B
3Dzuratul Nadhifa8F
4Nayla Agista Anggraeny9C
5Nabila Putri Ramadhani9F
6Kayyisah An Naura9G
7Rizkia Febryana9H
Penulis : Dzurratul Ilmiyah Fahmi, S.Pd