KEGIATAN TENGAH SEMESTER, PERINGATAN BULAN BAHASA

Setiap tahunnya, Oktober selalu menjadi bulan bahasa dan sastra. Apa itu bulan bahasa? Bulan Bahasa merupakan wujud kecintaan dan penghormatan terhadap bahasa nasional. Peringatan tersebut mengacu pada peristiwa penting yang terjadi pada bulan Oktober 1928 yaitu Sumpah Pemuda yang salah satunya adalah pengakuan bahasa persatuan.

”KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENDJOENGDJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA”. Janji yang tertuang dalam alinea ketiga teks sumpah pemuda itu sebagian merupakan benih yang menjadi bahasa persatuan Indonesia. Karena benang merah dengan bendera pemuda yang telah dijanjikan sebelumnya, Indonesia merayakan bulan Oktober sebagai Bulan Bahasa dan Sastra. Bulan Bahasa dan Sastra yang diselenggarakan setiap tahun pada bulan Oktober, bertujuan untuk mengingat bahwa kekuatan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional tidak ada kekurangannya, kesombongan dan penyelidikan, pertempuran.

Hari ini, Rabu 4 Oktober 2023, UPT SMP Negeri 2 Gresik mengadakan kegiatan Peringatan Bulan Bahasa dan Sastra. Kegiatan ini diisi dengan lomba pidato menggunakan bahasa Inggris dan lomba bercerita menggunakan bahasa Gresikan. Seluruh siswa UPT SMP Negeri 2 Gresik sangat antusias dalam mengikuti kegiatan kali ini.

Bahasa Indonesia, ku utamakan. Bahasa daerah, ku lestarikan. Bahasa asing, ku kuasai.

Penyusun Artikel: Sekar Arum Indraputri Sie Dokumentasi: Adelia Anggraini, Rahesajeng Cempaka, Wildhan Alief, Faris Jihady.