Zoom Bersama Program Literasi Digital Tentang Pemanfaatan Internet untuk Menyebarkan Konten Positif

Para Peserta Kegiatan Program Literasi

Pada hari Selasa, 14 Maret 2023 para duta literasi UPT SMP Negeri 2 Gresik mengikuti kegiatan program literasi melalui zoom meeting yang membahas tentang “Pemanfaatan Internet untuk Menyebarkan Konten Positif”. Zoom meeting tersebut diadakan oleh KOMINFO Kab. Gresik. Program Literasi Digital ini diadakan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Zoom meeting tersebut dipimpin oleh Ibu Stani Ste, dan dilanjutkan materi yang dipimpin oleh 3 narasumber, materi pertama disampaikan oleh Bapak Eka Y Saputra (Konsultan Teknologi Informasi, KECAKAPAN DIGITAL) yang membahas tentang remaja cerdas kreatif digital, berinternet dengan ceria/nyaman, serap dan bagikan ilmu pengetahuan positif, konten negatif vs konten positif, bentuk konten positif populer, dan media menyebarkan konten positif.

Materi pertama yang disampaikan oleh Bapak Eka Y Saputra

Materi kedua disampaikan oleh Bapak Anang Dwi Santoso, SIP, MPA (Dosen Universitas Sriwijaya, ETIKA DIGITAL). Materi tersebut membahas tentang ruang lingkup etika, etika vs etiket, etika dan etiket berinternet, netiket, apa itu konten positif, mengapa membuat konten positif, jenis konten negatif, dampak konten negatif, dan perundingan di dunia maya.

Materi Ketiga yang disampaikan oleh Bapak Anang Dwi Santoso SIP., MPA

Materi ketiga disampaikan oleh S. Hariyanto S.Pd., M.M (Kepala Dinas Pendidikan Kab. Gresik, BUDAYA DIGITAL). Materi tersebut membahas tentang data pengguna internet di Indonesia, 4 Pilar literasi digital, definisi budaya digital, transformasi budaya digital, dan perkembangan budaya digital.

Materi ketiga yang disampaikan oleh Bapak S. Hariyanto S.Pd., M.M

*Artikel ini diliput dan dibuat oleh siswa kelas 7D-Adelia Anggraini