SOSIALISASI PEMILAHAN SAMPAH~DPD ASOBSI (Asosiasi Bank Sampah Indonesia) KAB. GRESIK

Dalam mensukseskan Program UPT SMP NEGERI 2 GRESIK menuju Adiwiyata Mandiri Tahun 2022, sekolah mengundang DPD ASOBSI Gresik untuk memberikan materi SOSIALISASI PEMILAHAN SAMPAH kepada siswa UPT SMP NEGERI 2 Gresik.

banner kegiatan sosialisasi pemilahan sampah

Penjelasan mengenai pemilahan sampah dengan memilah sampah dapur di rumah masing-masing siswa, dengan memilah antara sampah kering, plastik, sampah organik (sisa dapur dan sisa makanan) akan lebih memudahkan petugas kebersihan untuk mengumpulkan sesuai kelompoknya, selain itu dengan pengurangan sampah organik yang masuk dalam plastik sampah (misalnya sisa nasi) akan mengurangi efek gas karbon CO yang akan timbul dari sisa organik tersebut. Sisa organik yang masuk dalam plastik akan menimbulkan gas dan jika berkumpul di tempat pembuangan sampah akan menghasilkan efek kandungan gas serta efek pada atmosfer yang biasa disebut dengan EFEK RUMAH KACA (GLASS HOUSE EFFECT). Dengan Memilah sampah, juga memudahkan pada sampah kering yang bisa didaur ulang seperti kertas, kardus dan kayu, serta pemilahan untuk plastik juga memudahkan untuk didaur ulang apabila bersih dan tidak tercampur dengan sampah organik.

Materi Pemilahan Sampah yang disampaikan oleh DPD ASOBSI membahas mengenai pentingnya memilah sampah agar dalam proses perlakuan selanjutnya lebih efektif dan berkesinambungan.