Launching Inovasi Kompos Kertas Bekas (KEBAS) dalam Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2024

Tim KCL bersama Pak Umayyah dan Pak Mohammad Salim, S.Ag, M.Ag

UPT SMP Negeri 2 Gresik memiliki program rutinan yang dilaksanakan tiap hari jumat, yaitu Jumberareka. Jumberareka singkatan dari Jumat Bersih, Olahraga, Religi, dan Kreasi. Minggu keempat Februari kali ini adalah Jumat kreasi yang diisi dengan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional atau HPSN tahun 2024 dan bersamaan juga dengan kegiatan Pedas atau Pekan Sedekah Sampah. Pedas kali ini adalah pengumpulan sampah dari koran, kertas atau kardus bekas.

Selain itu dalam kegiatan ini kelompok cinta lingkungan (KCL) yang dibina oleh ibu Sumiarsih S.Pd melaunching produk kompos dari kertas bekas yang diberi nama “Kebas”. Kompos Kertas Bekas (kebas) ini diproduksi dengan harga Rp 6.000,00. Meskipun tampaknya mahal tetapi inovasi ini harus tetap berlanjut agar kedepannya memberikan dampak yang signifikan terhadap pengolahan sampah kertas bekas. Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi Dinas Lingkungan Hidup Bapak Umayyah dan juga Bapak Komar. Kegiatan dibuka oleh Bapak Muhammad Salim S.Ag, MA selaku Kepala Sekolah dan kemudian dilanjutkan launching produk Kebas.

Terlihat Bapak Umayyah dari Dinas Lingkungan Hidup memberikan sambutan dengan begitu semangat. Acara ditutup dengan berfoto bersama serta pengumpulan sedekah sampah dari siswa-siswi UPT SMP Negeri 2 Gresik. Setelah Kegiatan berakhir, siswa siswi kembali ke kelas dan melaksanakan kegiatan pembelajaran seperti biasa.

foto: Rahma Dwiyanti Anifazah; Kontributor: Aditya Inggar Pranata, S.Pd, Yunita Rahmah, S.Pd, Dzurratul Ilmiyah Fahmi, S.Pd, M.Pd; Post: Diendha Ayu Putri R,A.Md