Pemeriksaan Kesehatan Siswa UPT SMP N 2 Gresik bersama Puskesmas Alun-Alun Gresik

Delapan petugas kesehatan dari Puskesmas Alun-alun Gresik melakukan screening kesehatan kepada seluruh siswa UPT SMP Negeri 2 Gresik pada hari Senin dan Selasa tanggal 29-30 Januari 2024.Penjaringan Kesehatan Anak Sekolah (Screening) adalah kegiatan pemeriksaan kesehatan dasar yang bertujuan untuk mengetahui status kesehatan siswa sebagai  upaya deteksi dini jika siswa memiliki masalah kesehatan. Kegiatan ini merupakan program dari Puskesmas Alun-alun Gresik dalam pelayanan kesehatan anak sekolah di wilayah kecamatan Gresik. Adapun proses rangkaian Screening meliputi pemeriksaan fisik diantaranya telinga, mata, rambut, kulit, gigi,tinggi badan dan berat badan, serta GDA (Gula Darah Acak), tensi, dan hemoglobin (Hb). Penanggung jawab kegiatan  screening di UPT SMP Negeri 2 Gresik adalah  Aditya Inggar Pranata,S.Pd selaku kesiswaan dan tim UKS UPT SMP Negeri 2 Gresik. Upaya ini sebagai tindak lanjut koordinasi sebelumnya antara Puskesmas Alun-alun Gresik dan Tim UKS UPT SMP Negeri 2 Gresik di bawah Koordinatornya, Ibu Aini Lutfiyah M.Pd.

Pemeriksaan kesehatan menjadi sangat penting dilakukan karena dapat menumbuhkan kesadaran kesehatan siswa sejak dini untuk hidup sehat. Hasil pemeriksaan kesehatan segera ditindaklanjuti dan dapat digunakan untuk merencanakan program kesehatan selanjutnya. “Semoga dengan pemeriksaan kesehatan menjadikan para siswa lebih meningkatkan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dan Allah karuniakan kesehatan lahir dan batin. Aamiin.” Ucap ibu Diana selaku penanggunng jawab kegiatan screeaning.

      Pemeriksaan berkala dilakukan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Alun-alun Gresik kepada seluruh siswa setiap 6 bulan, untuk memantau, memelihara serta meningkatkan status kesehatan siswa dengan tujuan untuk memperoleh data atau informasi serta menilai perkembangan kesehatan anak untuk dijadikan pertimbangan dalam menyusun program pembinaan kesehatan sekolah.

“Syukur alhamdulillah kegiatan pemeriksaan kesehatan berjalan dengan lancar. Kami sampaikan terima kasih atas kerja sama dan dukungan seluruh pihak, terutama tim kesehatan dari Puskesmas Alun-alun.” Ujar Mohammad Salim, S.Ag, MA sekaligus kepala pimpinan UPT SMP Negeri 2 Gresik.

Penulis : Yunita Rahmah, S.Pd