Sosialisasi Kegiatan Operasi Sayang Siswa (OSS) Di Gedung Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik

Dinas KBPP dan Perlindungan Anak Kab. Gresik  mengadakan kegiatan “Sosialisasi Kegiatan Operasi Sayang Siswa (OSS) Jenjang SMP Negeri/Swasta“  pada 6 November 2023 Tepatnya pukul 08.30 WIB s/d – selesai. Acara ini bertempat di Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik. Lebih tepatnya di Jl. Arif Rahman Hakim Gresik No 2, Kramatandap, Sidokumpul, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik.

Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh sekolah dari jenjang SMP,  baik sekolah negeri maupun swasta. Program ini bertujuan meningkatkan kesadaran tentang risiko dan konsekuensi dari perilaku kenakalan remaja, seperti penyalahgunaan seni beladiri, atau perilaku seksual yang tidak sehat. Upaya pencegahan kenakalan remaja dengan memberikan informasi tentang cara mengidentifikasi perilaku kenakalan dan cara mengatasi masalah tersebut, memotivasi remaja untuk membuat tujuan yang lebih bijak dan bertanggung jawab dalam hidup mereka, serta menghindari perilaku kenakalan. Mendorong komunikasi terbuka antara orang tua, guru, dan remaja agar dapat saling mendukung dan mengatasi masalah kenakalan remaja bersama. Kegiatan ini juga membantu masyarakat dalam mengembangkan program untuk mengurangi tingkat kenakalan remaja.Dengan tujuan sosialisasi ini, diharapkan dapat mengurangi tingkat kenakalan remaja dan menciptakan lingkungan yang lebih aman dan positif bagi mereka.

Penyuluhan Materi Tentang Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Oleh Ibu Sri Yoeni Ambarwati, S.Sos

Pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak adalah kesadaran, pendidikan, dan tindakan proaktif dalam melindungi perempuan dan anak dari segala bentuk kekerasan. Upaya kerja sama dari pemerintah, dinas pendidikan, masyarakat, dan individu dapat membantu mengurangi insiden kekerasan, Edukasi kekerasan,       

pelaporan, dan dukungan psikososial sangat penting dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan perempuan dan anak-anak.

Penyuluhan Materi Tentang Kenakalan Remaja Oleh Ibu IPTU Yani Selaku Anggota Satbinmas Polres Gresik

Satbinmas Polres Gresik memiliki program, salah satunya yaitu program “Satu Polisi Satu Sekolah (SAPO SALAH)”. Program “Sapo Salah” adalah inisiatif yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, terutama anak-anak, tentang bahaya kenakalan remaja. Program ini juga dilaksanakan oleh Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba dan peningkatan kesadaran akan bahayanya. Program “Satu Polisi Satu Sekolah” merupakan program untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan sekolah. Dalam program ini, setiap sekolah ditempatkan satu anggota kepolisian yang bertanggung jawab menjaga keamanan sekolah dan mendukung pendidikan karakter siswa. program ini memiliki tujuan yang positif, yakni pengurangan kenakalan remaja dan peningkatan keamanan di lingkungan sekolah. Program-program tersebut dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti penyuluhan, patroli, sosialisasi dan upaya-upaya lain yang mendukung tujuan tersebut.

UPT SMP Negeri 2 Gresik mengirim 1 orang guru yakni Bapak Muhammad Rizki Nugroho, S.Pd (BK) dan 2 peserta didik yakni Wildhan dan Sofiah (Kelas 8).

*Artikel ini disusun oleh siswa siswi UPT SMP Negeri 2 Gresik :
Sofiah 8D
Wildhan Alief Syahputra (8B)