Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) II UINSA di UPT SMPN 2 Gresik

Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) adalah salah satu perguruan tinggi Islam negeri di Indonesia yang berpusat di Surabaya yang menyelenggarakan pendidikan Islam multidisiplin serta pendidikan umum termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Memiliki 9 fakultas, salah satunya adalah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTK) yang memiliki 9 program studi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan menawarkan pendidikan akademik dan profesional dengan tujuan mencetak sumber daya manusia yang ahli di bidang pendidikan dan pengajaran. Salah satu program yang dilaksanakan oleh FTK adalah program PLP. Dikutip dari uinsablog Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) secara umum dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan 4 kompetensi kualifikasi guru yakni kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan personal. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka kegiatan PLP didesain secara khusus di sekolah/madrasah pada semester Gasal. Kegiatan PLP merupakan praktik mengajar real teaching di sekolah/madrasah dengan bimbingan Guru Pamong. Mahasiswa melaksanakan kegiatan real teaching di sekolah/madrasah yang sebelumnya diawali dengan kegiatan observasi persekolahan tempat pelaksanaan PLP.

PLP UIN Sunan Ampel Surabaya Tahun 2023 dilaksanakan selama 8 minggu,
mulai tanggal 11 September – 3 November 2023. Dilaksanakan di RA/TK dan Madrasah/Sekolah (MI, MTs/SMP.dan MA/SMA) mitra FTK UIN Sunan Ampel Surabaya di wilayah Kota Surabaya, Kab. Sidoarjo, Kab. Gresik, Kab. Lamongan, Kab. Mojokerto, Kab. Jombang, dan Kab. Bojonegoro. Salah satu sekolah di kabupaten Gresik yang menjadi mitra adalah UPT SMPN 2 Gresik beranggotakan 9 mahasiswa dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama Islam.

Selama minggu pertama mahasiswa melakukan observasi sekolah, dilanjutkan dengan mengajar terbimbing sebanyak 25% di minggu kedua, 50% di minggu ketiga, 75% di minggu ke 4 hingga minggu ke 6, dan dilanjutkan dengan mengajar mandiri di minggu ke 7, lalu diakhiri dengan penyusunan laporan dan artikel ilmiah serta presentasi hasil kegiatan yang dihadiri oleh guru pamong dan DPL di minggu terakhir atau minggu ke 8.

Selama 8 minggu di UPT SMPN 2 Gresik, mahasiswa tidak hanya melakukan observasi dan mengajar. Namun juga mengikuti beberapa kegiatan rutin yang biasa dilakukan di sekolah, yaitu upacara pagi di hari senin, program BTQ setiap hari selasa, rabu dan kamis, kegiatan jum’at sehat atau jum’at religi. Selain itu juga mengikuti beberapa peringatan hari besar yang dilaksanakan di sekolah seperti hari batik nasional, peringatan maulid nabi, hari pangan sedunia, dan peringatan bulan bahasa.

Dengan kegiatan yang dilaksanakan dalam PLP II ini, mahasiswa berharap bisa mengenal lingkungan sekolah, suasana akademik, serta pelaksanaan administrasi dan kondisi sosial sekolah serta mampu mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan perangkat evaluasi. Juga merasakan langsung proses pembelajaran, serta pemantapan jati diri dengan melakukan latihan mengajar dengan bimbingan dosen pembimbing dan guru pamong.

Source

Uinsablog (2023) Pengumuman Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Ampel Surabaya Tahun 2023