GELAR KARYA KWU Kelas VII UPT SMPN 2 Gresik

Gelar Karya Kewirausahaan siswa kelas VII dalam rangkaian kegiatan proyek IKM (pengganti PTS pada K13). Sebanyak 35 jenis kuliner khas Gresik dipamerkan oleh setiap kelas. Kuliner tersebut hasil karya siswa kelas VII UPT SMP Negeri 2 Gresik dalam bimbingan bapak dan ibu guru serta dukungan orang tua dan pelaku usaha.

Gelar Karya Kewirausahaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila itu dibuka oleh Kepala UPT SMPN 2 Gresik Bapak Mohammad Salim S.Ag., MA.

Karya siswa kelas VII yang cukup unik dan tetap mempertahankan ciri khas kuliner Gresik. Diantaranya, Kebab Krawu, Dimsum Otak-otak bandeng , Resoles Krawu, Susi Otak otak (Sutak) Bandeng, Onigiri Krawu, Bento Krawu, dan Lemper Krawu.

Proyek yang dikerjakan siswa cukup lengkap, mulai dari produk makanan, kemasan, display bazar, dan poster digital. Produk juga dipasarkan secara online sehingga pesanan bisa dilakukan sebelum kegiatan Gelar Karya. Dalam waktu kurang dari 1 jam seluruh display produk telah habis terjual.

Acara ini diresmikan langsung oelh kepala sekolah, dan dihadiri oleh Koordinator Pengawas Bapak Sardjuni dan ahli IKM bapak Suyatno.


Acar berjalan dengan lancar dan berakhir pada waktu yang rencanakan. Selesai kegiatan, siswa merapikan lagi stan bazar dan membersihkan sampah sisa Gelar Karya KWU.

Pembukaan Oleh Kepala Sekolah Bapak Mohammad Salim, S.Ag., MA
 Koordinator Pengawas sekolah Bapak Sarjuni
Peresmian pembukaan Gelarm Karya KWU – IKM Hari Kamis 6 Oktober 2022
Kepala UPT SMPN 2 Gresik dan Koordinator Pengawas Sekolah meninjau bazar
Berbagai macam kuliner, dengan beragam kemasan dan display kreasi siswa
Ahli IKM Bapak Suyatno meninjau bazar
Bapak Kholil melakukan wawancara dengan satu siswa peserta gelar karya IKM

sebelum gelar karya, siswa kelas VII berjumlah 225 siswa, mendapatkan pelatihan membuat kuliner khas Gresik.

Pelatihan bertajuk Kewirausahaana, makanan khas Gresik menghadirkan fasilatator Hj. Nur Rahmawati, pemilik Pudak Sari Kelapa yang terkenal di Gresik. Beliau juga merupakan komite sekolah.

Pelatihan digelar pada Rabu, 28 September 2022. Kegiatan ini diharapkan mampu untuk menjadi sarana dan media edukasi yang bermanfaat bagi siswa dan juga turut menggerakkan roda perekonomian di sekitar UPT SMP Negeri 2 Gresik. Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan P5 atau Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.