LOMBA MEWARNAI DAMAR KURUNG SEBAGAI MEDIA EDUKASI HISTORIS BAGI SISWA UPT SMP NEGERI 2 GRESIK

Hari selasa 21 Juni 2022 menjadi hari yang cukup dinanti oleh siswa siswi UPT SMP Negeri 2 Gresik, pada hari itu siswa dan siswi kelas 7 melaksanakan kegiatan lomba KAS (Kegiatan Akhir Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023. Kepala UPT SMP NEGERI 2 GRESIK Bapak Beri Avita Prasetya, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sarana yang sangat baik untuk media pembelajaran bagi anak-anbak terutama tentang warisan budaya lokal Gresik. Pada saat sebelum pelaksanaan, keggiatan dibuka oleh bapak Kholil, M.Pd selaku penasehat kegiatan dan dilanjutkan sambutan Bapak Kepala Sekolah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut pegiat sejarah dan kebudayaan di Gresik Kris Aji AW. beliau mengapresiasi adanya kegiatan seperti ini. Menurut beliau para siswa selain bisa mengenal secara langsung juga bisa mengikuti proses bagaimana membuat dammar kurung.

“Kegiatan semacam ini patut dilestarikan dan bisa dijadikan contoh bagi sekolah yang lain di kabupaten Gresik. Umumnya masyarakat Gresik, apalagi Gresik wilayah tengah sudah tak asing tentang dammar kurung, tapi belum tentu bisa membuat dammar kurung,” tutur beliau. Motif gambar bercerita yang ada di damar kurung memiliki ciri khas dan berisi cerita tentang  ragam kehidupan nusantara. Di dalamnya mengandung berbagai unsur spritual, dan kehidupan duniawi.

Penyerahan Hadiah kepada juara Lomba

Kegiatan KAS 2022 ini didukung oleh Bank Gresik sebagai wujud apresiasi kepada siswa siswi UPT SMP NEGERI 2 GRESIK.