PILKAOS PERIODE 2024 – 2025

PILKAOS merupakan singkatan dari pemilihan ketua OSIS. Kegiatan ini mrupakan cara untuk menentukan ketua OSIS pada periode selanjutnya. PILKAOS dilaksanakan dengan sistem Proposional terbuka merupakan sistem di mana pemilih bisa langsung memilih calon ketua OSIS, sesuai dengan yang ingin ia pilih.

PILKAOS di UPT SMP Negeri 2 Gresik berlangsung pada hari Kamis 3 Oktober 2024 yang dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB-selesai. Dalam kegiatan tersebut terdapat 6 calon Ketua OSIS:

1) Muhammad Fatiyan Akbar

2) Intan Dwi Meilani

3) Muhammad Alfian Rizky

4) Aleesya Dania Maulani

5) Aisyah Faradina Rahma Dewi

6) Sofyan Jalel

 6 calon tersebut memiliki Visi Misi yang berbeda dan memiliki keunggulan pada setiap visi misinya. Dalam kegiatan tersebut juga terdapat panitia KPO (Komisi Pemilihan OSIS). Pemilih yang memiliki hak suara adalah guru,siswa,pegawai TU, dan staf. Sebelum pelaksanaan PILKAOS masing-masing TPS harus mempublikasikan DPT (Daftar Pemilih Tetap).

Selain siswa KPPS harus memberikan surat pemberitahuan pemungutan suara. Sistem pemilihan adalah mencoblos gambar kandidat yang di pilih. Kertas suara dinyatakan SAH apabila pencoblosannya sesuai ketentuan. Setelah ketua dan wakil ketua terpilih dengan suara terbanyak harus mengajukan calon pembantunya.

Banyak manfaat dengan adanya kegiatan ini, para warga sekolah telah melaksanakan sifat demokrasi dalam menentukan ketua OSIS. Harapan setelah kegiatan ini adalah, para Siswa, Siswi, Guru, dan Staff lebih sering berinteraksi dalam kegiatan apapun.

kontributor sekbid 9 : Hifdzi dkk