Semarak Lomba Menyambut Hari Kemerdekaan di UPT SMP Negeri 2 Gresik

Menjelang tanggal 17 Agustus 2024,  seluruh warga Indonesia bersiap merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 79. Perayaan diselenggarakan dalam berbagai konsep acara dan kegiatan, termasuk sekolah yang ada di jalan KH Kholil ini yakni UPT SMP Negeri 2 Gresik. Perlombaan dilaksanakan mulai hari Rabu sampai Jumat 14-16 Agustus 2024. Seluruh warga sekolah mengikuti pembukaan perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-79 di lapangan pada hari Rabu, 14 Agustus 2024 yang dipimpin oleh bapak Mohammad Salim selaku kepala UPT SMP Negeri 2 Gresik. Perlombaan memperingati hari kemerdekaan adalah agenda rutin yang diadakan hampi seluruh warga Indonesia. Hal ini untuk mengingatkan sejarah kemerdekaan, menghargai jasa pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan, serta membangkitkan kembali semangat nasionalisme.

Panitia lomba yakni Bapak Ibu Guru bersama pengurus OSIS mengemas acara perlombaan dengan cara yang efisien, mendidik sekaligus membangun rasa nasionalisme dalam diri, terutama para peserta didik sebagai generasi masa depan.

UPT SMP Negeri 2 Gresik mengadakan berbagai macam lomba yang mengandung konsep belajar didalamnya untuk mendidik anak, meningkatkan kreativitas serta kekompakan antar peserta didik. Lomba-lomba yang dilaksanakan di UPT SMP Negeri 2 Gresik diantaranya lomba rangking 1,  Memasang atribut seragam sekolah, dan senam P5 kelas 7. Perlombaan rangking 1 ini mengutamakan kemampuan berfikir siswa baik mengenai pengetahuan umum, pengetahuan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Sejarah Indonesia.

Berlanjut ke hari berikutnya yakni Hari Kamis 15 Agustus 2024, diadakan Lomba senam P5 kelas 8, estafet karet, dan sepak bola corong. Dan dilanjutkan di hari berikutnya  hari Jumat 16 Agustus 2024 dilaksanakan jalan sehat bersama, lomba senam P5 kelas 9, dan lomba untuk bapak/ibu guru yaitu lomba memasukkan paku ke dalam botol.

Tepat tanggal 17 Agustus 2024 yaitu warga UPT SMP Negeri 2 Gresik melaksanakan kegiatan upacara bendera memperingarti hari kemerdekaan. Serangkaian kegiatan Lomba dan kegiatan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan bentuk rasa syukur akan kebebasan dari penjajah yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan yang rela berkorban melalui tetesan keringat dan darah, selain itu bentuk cinta seluruh warga akan Tanah Air tercinta Indonesia.

Penulis Artikel: Yunita Rahmah, S.Pd

Posting: Diendha Ayu Putri R, A.Md