UPT SMP Negeri 2 Gresik Mengadakan Tes IQ untuk Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Berdiferensiasi.

Dalam rangka mengukur kemampuan kognitif dan kepribadian serta gaya belajar peserta didik UPT SMP Negeri 2 Gresik mengadakan tes psikologi kepada peserta didik kelas 7 dan 8 pada hari Selasa tanggal 13 Agustus 2024. Pelaksanaan dilakukan di ruang kelas masing-masing, diikuti sekitar 518 peserta didik (16 kelas ) dan dipandu oleh psikologi dari lembaga surya psikolog.

Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik kelas 7 dan 8 baik dari kemampuan  IQ (Intelligence Quotient / Kemampuan Kecerdasan Intelektual), kemampuan kepribadian, dan juga kemampuan bakat dan minat serta gaya belajar peserta didik.

Mohammad Salim selaku  kepala UPT SMP Negeri 2 Gresik mengungkapkan pentingnya pengukuran IQ peserta didik kelas VII dan VIII . “Dengan mengikuti tes psikologi, peserta didik dapat mengetahui seberapa jauh tingkat kemampuan, kecerdasan, bakat atau minat, tipe kepribadian, gaya belajar dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan potensi dirinya, sehingga akan membantu menentukan gaya belajar yang ada pada diri anak tersebut dalam pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka ,”ujar Mohammad Salim.

Diharapkan dengan kegiatan ini nanti peserta didik, orang tua, maupun sekolah mengetahui kemampuan kecerdasan, kemampuan kepribadian, kemampuan bakat minat, dan gaya belajar setiap peserta didik dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yakni pembelajaran berdiferensiasi.

Penulis Artikel: Yunita Rahmah, S.Pd

Posting: Diendha Ayu Putri R, A.Md