Semarakkan Bulan Bahasa UPT SMP Negeri 2 Gresik

Bulan bahasa merupakan bulan yang berkaitan erat dengan sejarah bahasa bangsa Indonesia yaitu Sumpah Pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928. Salah satu isinya yaitu menyatakan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional sekaligus bahasa pemersatu bangsa. Oleh sebab itu, pada bulan Oktober biasa diperingati sebagai Bulan Bahasa.

Dalam rangka menyemarakkan Bulan Bahasa, UPT SMP Negeri 2 Gresik menyelenggarakan berbagai macam lomba untuk peserta didik. Lomba-lomba tersebut diantaranya bercerita kearifan lokal dengan bahasa Gresikan, membaca puisi, menyanyi, pemilihan dakwah cilik, menulis cerpen dan sudut baca kelas serta pelatihan menulis cerpen. Kegiatan ini mengusung tema “Berbahasa Cerdas untuk Generasi Emas”

Pelaksanakan lomba pada hari kamis 10 Oktober 2024 yakni lomba bercerita kearifan lokal dengan bahasa Gresikan dan menyanyi.. Hari Jumat 11 Oktober 2022 diadakan lomba membaca puisi dan pemilihan dakwah cilik. Sedangkan di Hari Senin 12 Oktober 2024 dilaksanakan workshop pelatihan menulis cerpen dan lomba menulis cerpen di perpustakaan Pusaka Ilmu UPT SMP Negeri 2 Gresik yang diikuti oleh para duta literasi kelas dan di isi langsung oleh pemateri wartawan jawa pos serta 1minutes yakni bapak Chusnul Cahyadi.

Peserta yang mendapatkan juara lomba bercerita kearifan lokal dengan bahasa Gresikan, membaca puisi, menyanyi, dan pemilihan dakwah cilik,  diumumkan seusai upacara pada hari Senin 14 Oktober 2024 di lapangan UPT SMP Negeri 2 Gresik.  Sedangkan lomba sudut baca kelas, dan menulis cerpen akan diumumkan selesai pelaksanakan upacara memperingati bulan bahasa pada hari Senin 28 Oktober 2024.

“Diharapkan dengan lomba ini, para peserta didik dapat mengembangkan bakat dan minatnya, serta bangga berbahasa Indonesia dan melestarikan bahasa daerah yakni bahasa gresikan,” tutur Ibu Yunita Rahmah, S.Pd selaku Ketua Panitia Bulan Bahasa dan Sastra UPT SMP Negeri 2 Gresik. Ia pun berharap melalui kegiatan lomba ini, akan muncul predikat juara di bidang bahasa tingkat regional dan nasional dariUPT SMP Negeri 2 Gresik.

Hal senada disampaikan Kepala UPT SMP Negeri 2 Gresik Bapak Mohammad Salim, S.Ag, MA. “Kegiatan ini merupakan wahana bagi peserta didik untuk mengembangkan bakat dan kompetensinya di bidang kebahasaan, sehingga diharapkan peserta didik punya rasa percaya diri dan jiwa mandiri,”

Wakil Kepala sekolah Bagian Kesiswaan Bapak Aditya Inggar Pranata, S.Pd menambahkan “Semoga lomba ini mampu mengasah keterampilan berbahasa peserta didik UPT SMP Negeri 2 Gresik dan mampu mengekspresikan talenta masing-masing peserta didik, sehingga akan menciptakan iklim yang kondusif dalam merajut prestasi tanpa henti.” Harapnya.

Penulis Yunita Rahmah, S.Pd