Program Screening UKS UPT SMP Negeri 2 Gresik 2024

 

Pemeriksaan oleh petugas puskesmas

   Kalian tahu tidak, apa itu screening? Screening dalam bahasa Indonesia berarti penyaringan. Namun dalam bahasa kedokteran, screening adalah cara yang digunakan untuk mencari keadaan atau penanda resiko yang belum diketahui. Biasanya ada beberapa hal yang dilakukan yaitu tes tajam penglihatan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan telinga, pemeriksaan gigi, dan golongan darah.

     Seperti pada tahun sebelumnya, tahun ini UPT SMPN 2 Gresik kembali melaksanakan kegiatan screening pada tanggal 23 dan 24 September tepatnya pada hari Senin dan Selasa. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas 7. Program ini dilaksanakan oleh guru UKS dan stafnya, bekerja sama dengan Pukesmas Alun alun kota Gresik.

     Ada beragam reaksi dari siswa dan siswi atas adanya kegiatan ini, sebagian siswa dan siswi ada yang merasa takut namun tak sedikit juga ada yang merasa antusias dengan adanya kegiatan ini. Pemeriksaan ini meliputi: pengecekan HB (hemogoblin), telinga, mulut, buta warna, dan tes gula darah.

     Pola hidup sangat menentukan adanya resiko penyakit dalam diri kita. Harapan dengan adanya kegiatan ini siswa dan siswi mengetahui berbagai faktor resiko penyakit sehingga dapat mencegah penyakit tersebut. Sehingga para siswa dan siswi dapat mengatur kembali pola hidup mereka agar tidak terkontaminasi penyakit apapun.

Kontributor : OSIS SEKBID Jurnalistik

Foto : Berbagai sumber